27 January 2015

Teks Negosiasi



TEKS NEGOSIASI


NEGOSIASI adalah bentuk interaksi sosial yang berfungsi untuk mencapai kesepakatan diantara pihak-pihak yang bersangkutan.

Tujuan negosiasi:
  •  Mengurangi perbedaan posisi setiap perbedaan
  • Untuk mendapatkan atau mencapai kata sepakat yang mengandung kesamaan persepsi, saling pengertian dan persetujuan.
  • Untuk mendapatkan atau mencapai kondisi penyelesaian atau jalan keluar dari masalah yang dihadapi bersama.
  • Untuk mendapatkan atau mencapai kondisi saling menguntungkan dimana masing-masing pihak merasa menang (win-win solution).

Negosiasi dilakukan karena pihak-pihak yang berkepentingan perlu membuat kesepakatan mengenai persoalan yang menuntut penyelesaian bersama. Tujuan negosiasi adalah untuk mengurangi perbedaan posisi setiap pihak. Mereka mencari cara untuk menemukan butir-butir yang sama sehingga akhirnya kesepakatan dapat dibuat dan diterima bersama.

Struktur Teks Negosiasi

Struktrur dari teks negosiasi terdiri dari pembuka, isi, dan penutup.
Pembuka
Pada tahap ini, negosiasi dimulai dengan mengucapkan salam atau memberi sapaan. Contoh yang lazim digunakan adalah "Selamat siang/sore/pagi" atau Assalamu' alaikum, Pak. Setelah melakukan sapaan yang dilakukan selanjutnya adalah memperkenalkan diri kedua pihak.
Isi
Di bagian isi tujuan dari negosiasi disampaikan dan mulailah terjadi inti pembicaraan dalam negosiasi. 
Penutup
Jika telah dilakukan negosiasi maka dilakukan sapaan penutup untuk mengakhiri percakapan.
Teks negosiasi sangat penting untuk kita pelajari, adakalanya nanti akan bermanfaat bagi kehidupan kita kelak di masa yang akan datang. Semoga memberi manfaat ke pada Anda.


Negosiasi itu dilakukan dengan menggunakan kata yang persuasif, yaitu bahasa yang bersifat membujuk.
Contoh Dialog Negosiasi
Suatu hari ada seorang bapak-bapak datang ke rumah Andik.Andik mempersilahkan masuk Bapak bapak yang memakai jas itu
Manajer : "Selamat Pagi,Pak"
Andik : "Selamat pagi juga Pak"
Manajer : "Perkenalkan saya Indra,Saya manajer dari klub Ujungberung United.
Andik : "Oh ya,Ada keperluan apa ya pak?"
Manajer : "Begini klub saya kebetulan lagi membutuhkan pemain Striker yang memiliki Kecepatan dan Kelincahan.Jadi saya bermaksud untuk menganjak anda untuk bergabung ke klub saya. Saya berani bayar tinggi untuk anda,agar anda mau masuk klub kami"
Andik : "Oh begitu,Memang saya akan digaji berapa Perbulan dan Pertahun?
Manajer :" Saya berani gaji anda sebesar Rp.10 juta perbulan dan Rp.200 juta per tahun.
Andik : " Kalau sebanyak itu masih kurang,karena tidak sebanding dengan kebutuhan sehari hari seperti sepatu bola,Pelindung,dll.
Manajer : "Oh tenang saja, semua fasilitas untuk bermain bola sudah kami tanggung. Jadi gaji tersebut bersih"
Andik : "Oh begitu,Tapi Tidak terimakasih pak, Jika harga segitu saya tolak,Karena masih ada klub lain yang berminat mentransfer saya ke klubnya dengan harga lebih tinggi"
Manajer : " Baiklah saya naikan menjadi Rp.12 juta perbulan dan Rp.220 juta Pertahun. Bagaimana?"
Andik : " Tetap tidak bisa, Tidak sebanding dengan skill yang saya miliki. Jika harganya naik hingga Rp.18 juta Perbulan dan Rp.250 juta pertahun,Dengan senang hari saya menerimanya. Dan saya juga akan bermain dengan sungguh-sungguh "
Manajer : " Baiklah saya naikan hingga Rp.20 juta perbulan dan Rp.250 Juta pertahun dengan syarat kami tidak mengfasilitasi perlengkapan bermain anda.Bagaimana?"
Andik : "Oke saya setuju (Berjabat tangan)
Manajer : "Baiklah,Besok datang ke stadium untuk Medical Check-up.Setelah nya anda sudah dibolehkan untuk Berlatih dengan klub kami"
Andik : " Baiklah pak. Terimakasih"
Manajer :" Ya Sama sama"
Contoh Teks Negosiasi Jual Beli tidak formal
Teks Negosiasi : 100 atau Tidak sama sekali!
Tokoh : Firman (Pembeli)
Kirito (Penjual)

Kirito : Ada yang bisa saya bantu ? Eh.. Firman??
Firman : Eh Kirito, Ini Toko Kamu ?
Kirito : Iya mann.. Mau beli apa ??
Firman : Ini To aku mau beli kaos, ada yang bagus ga ??
Kirito : Banyak nih man pilih aja...
Firman : Coba liat yang itu to...
Kirito : Nih man...
Firman : Berapa ini to ?
Kirito : Wah yang ini 190.000 man..
Firman : Ah ga deh -_-" Wahh ada kaos K-On too aku mauuu >.< Itu berapa ??
Kirito : Tau aja kamu yang bagus :D ini ga terlalu mahal kok... ini 110.000
Firman : Ahh to harga kita-kita lah :D
Kirito : Yaah karna teman makanya ga usa kurang hehe :D
Firman : halaah -_- 90 000 lah too :D too :D too :D
Kirito : halaah 105 000 lah -_- ntar untungnya aku dimana >.<
Firman : eeeh ayolah >.< aku tambahin 5000 deh, 95000 yaa..
Kirito : Ehh 100 Atau tidak sama sekali! :D
Firman : Andeh yaudah deh to, 100 yaa.. nih cash langsung .. :D
Kirito : okee heehee makasih Firman :D